Minggu, 06 Juni 2010

Male Answer Syndrome

Apa yang terlintas di benak kita mendengar istilah ini?
Agak unik, ternyata  ada sindrom seperti ini.
Male Answer Syndrome atau lebih dikenal dengan MAS adalah kecenderungan beberapa orang untuk menjawab pertanyaan bahkan ketika mereka tidak tahu jawabannya. Terutama di kalangan laki-laki. Hal ini mungkin yang menyebabkan sindrom ini diujuluki dengan gender mereka, Male. Tapi tidak menutup kemungkinan perempuan pun mengidap sindroma jenis ini, hanya saja porsinya lebih sedikit.  Sindrom ini paling sering memanifestasikan dirinya ketika penderita ditanya oleh  lawan jenis. Istilah ini diutarakan pertama kali oleh Jane Campbell di the "Utne Reader" pada tahun 1992.

Para peneliti juga melaporkan bahwa banyak perempuan secara aktif mendorong laki-laki tumbuh dan berkembang dengan MAS. Hingga pada tahun 2010 ini Bob Genn menciptakan istilah baru yaitu Female Question Syndrome (FQS). Tapi uniknya lagi, setelah beberapa kali surving melalui mbah gugel,  ada juga istilah female answer syndrome (FAS). Namun FAS dan MAS sangat berbeda. Jika MAS menunjukkan sisi ke"sotoy"an laki-laki, maka FAS lebih menunjukkan sisi emosiaonal perempuan. 

FAS adalah kecenderungan bagi perempuan untuk membawa setiap percakapan ke tingkat pribadi dan berhubungan dengan fakta pribadi atau pengalaman hidup. FAS bisa dikatakan sebagai sebuah respon berdasarkan sepenuhnya pada keadaan emosional responden pada saat pertanyaan itu diajukan kepada mereka. tanggapan dapat berbeda-beda di seluruh spektrum emosional, tapi dominasi emosi lebih terasa daripada sisi logika.
Sebagai ilustrasi:

Laki-laki: Ada yang bilang kalau cowok berdarah madura suka menang sendiri dan temperamental ya?
perempuan: ehm, aku rasa tidak, aku pernah jalan sama cowok madura dan dia benar-benar menyenangkan.

itu sekedar ilustrasi. Mungkin akan berbeda jawabannya jika perempuan tidak pernah menjalin hubungan dengan lelaki madura, FAS memang tergantung pengalaman pribadi responden.

MAS, FQS dan FAS. kira-kira, diantara kita mengidap apa ya?? atau jangan-jangan ketiga-tiganya menjadi bagian dari karakter kita?? oh No!!!

*gambar diculik dari sini

29 komentar:

  1. izin pertamax..

    hmm.. syndrome yang keren tuh..hhe
    jadi gak masalah kalo gak tau jawabannya... kan bisa ngarang..

    BalasHapus
  2. Wah baru tahu info kayak fini.. enggak apa-apa laki-laki kena MAS daripada kena FAS he he

    BalasHapus
  3. wah, makasih infonya..baru tahu nih

    BalasHapus
  4. kirain laki laki disebut mas, karena perempuan disebutnya mbak...
    thks banget. nais impo gan...

    BalasHapus
  5. thx for share...
    hal baru nie... ^^

    BalasHapus
  6. Wah keren ni info na...jd dpat pengetahuan bru ni plend...sukses selalu.

    BalasHapus
  7. wah temen sekelas gw cenderung mengidap MAS tuh kayaknya, sotoy, klo lagi ada pertanyaan doi suka nyamber, padahal dy lagi nunggu jawaban gw, pas gw jawab eh dy langsung ngikutin jawaban gw, klo gak tau gak usah jawab atuh =="a hahaha

    BalasHapus
  8. Sotoy itu gimana sih? :D


    Tapi memang jelas kalau cowok selalu berusaha menjawab dan menjelaskan sesuatu, walau gak ditanya sekalipun, sampai kadang cewek sampe ngomong "Gua ga perlu jawaban, cuman perlu di dengarkan" :lol:

    BalasHapus
  9. Ada sindrom spt itu juga to ternyata..? Ini jenis sindrom baru ya..? hehehe

    BalasHapus
  10. Info yg bagus nih.. Setelah kupikir2 sptnya aku beberapa kali berhadapan dg laki2 yg 'mengidap' MAS itu.. :p

    BalasHapus
  11. weik
    baru tau euy, ada ya kayak gini...
    wahwah, ngidap yang mana ya?
    moga2 gak ngidap semuanya deh, heheu..
    nice info, thanks for share ^^

    BalasHapus
  12. wow semakin bodoh aje gue ternyata,hmm...

    BalasHapus
  13. kalau inyong pas yang mana ya

    BalasHapus
  14. Wow, Ilmu baru nih...
    Aku kayaknya kena MAS nih, soalnya dirumah selalu di panggil MAS..hehe...

    BalasHapus
  15. laki-laki...mah...punya sindrom ke ge-eran kalo di kasih perhatian sama lawan jenisnya....hehehe

    BalasHapus
  16. aduh serem g c ya sindrom ini @_@?
    jd serem euy,,abis kdg2 qt sndri g nyadar kl punya sindrom ini or ga..@_@

    BalasHapus
  17. nice info sob :) saya baru tau sydrome mas dan fas ternyata ada :)

    BalasHapus
  18. whahh aku baru tau tuh, maksaih dah ngasih tau ........ cem macem aja ea

    BalasHapus
  19. hohohhohoho
    aku baru tahu ^-^
    wah share yang bagus bagnet
    hm... aku masuk yang mana yah
    pasalnya
    aku orangnya terlalu fleksibel sama orang
    sering berubah2 tergantung siapa yang ajak ngomong

    hm.....
    aku yang mana yah...
    hm....
    bentar kupikir..
    hmm...
    ^-^
    salam hangat yah ^-^
    merasa bersalah
    award belum aku pajang
    tak tahu kapan sempat
    hikz
    ^-^
    manajemen waktuku memburuk
    amburadul
    wkwkwkwkwk
    lagi belajar
    survive ^-^
    hihihi

    BalasHapus
  20. hahahaha
    aku sering kayak gt

    BalasHapus
  21. maen nai,
    suwe ga mampir,hehehehe,,,

    BalasHapus
  22. Ada MAS, FAS dan FQS
    saya termasuk yang mana ya ?

    BalasHapus
  23. Brmacam macam gaya orang berkomunikasi, ada yang menjaga harga diri jadi merasa serba tau, aneh memang.

    salam berkomunikasi

    BalasHapus
  24. gak tau ya mbak...

    la ciri2nya kaya apa mangnya..?

    BalasHapus
  25. saya kira cuma sindrom ngakak doang yang ada... hahaha...thx infonya, baru tau nih....

    BalasHapus
  26. benar. MFS tergantung pengalaman seseorang. bener juga, perempuan juga mengalami MFS. karena klo sudah ngomongin nalar, lelaki perempuan setara.

    BalasHapus
  27. Haha, aku kayanya mengidap FAS deh ;p
    Makasih infonya yaaa..

    BalasHapus

teman-temanku, menulis adalah kolaborasi antara hati dan pikiran kita, tulislah saran, kritik, uneg2, atau sekedar tanggapan kalian.

well, siapapun kalian,
terimakasih untuk meninggalkan jejak langkah disini, :)