Hola

27 komentar
Holaaaaa.....
Long time no see (dibaca: gak ngapdet blog). Pengen menyapa temen-temen dulu, masih ada yang inget kah??? Jangan-jangan kalian sudah berhamburan menghilang,hiksss.....
Ok, let me tell you guys,
Sudah dua bulanan aku gak ngapdet dunianaila. Seperti sebelum-sebelumnya, alasan klasik, sibuk dengan dunia nyataku.  Yup, mengurus skripsiku yang tertunda. Ni semesterku yang ke sembilan, maknanya: aku telat satu semester dari jadwal normal kelulusan.  Jadi semester ini harus fight, kudu lulus, gak boleh NGGAK!!! Malu dunk sama ortu, tanggungjawab moral. Jadi menghilangku saat ini karena aku penelitian, nggak sempet buka-buka blog. Sebenarnya sih kalau penelitian mandiri mungkin masih ada sedikit waktu buat sekedar menulis jurnal harian, puisi atau apapun untuk memperkaya dunianaila. Tapi aku penelitian di perusahaan, sekalian magang di salah satu industri es krim di Rungkut, Surabaya. Salah satu saingan merk terkemuka Wals.
Yups, aku magang di Campina...
Rutinitas yang kadang menarik, menantang dan juga sesekali membosankan. Masuk jam 8 teng, dan pulang jam 5, itupun masih sering lembur untuk ngejar deadline job-job dari atasan, atau kadang lembur cuma sekedar nemenin yang lain lembur. Jadi malem udah jatahnya ngolah data plus istirahat.  Fyi,  aku gak bisa ngakses internet di kosku yang di surabaya, beda waktu kos di malang, free wifi 24 jam!!! Berasa males banget kan mau ngaplod aja kudu ke warnet. Ya ini imbasnya, dunianaila tak bernyawa. Sesepi pasir berbisik, (lho..???).

Rutinitas di Campina
Hummm, aku di campina udah  sekitar dua bulan. Kuk aku bisa tiba-tiba terdampar di perusahaan ini yah...???
Ceritanya rada panjang dan bertele-tele.  Jadi tak usah lah aku ceritain. Yang jelas salah satu alsannya karena permohonan magangku ke Nestle lama nggak ada kabar. Campina pelarian dunk??? (kurang lebihnya seperti itu, hehehehe...) tapi aku bersyukur kuk meskipun ini bukan pilihan pertama, J
Aku disini tuh karena bantuan dan usulan kabag quality system (QS), salah satu departemen disana yang berurusan dengan ISO, HACCP, GMP, pokoknya tentang manajemen mutu dan keamanan pangan gitu. Tapi aku nggak ditempatkan di QS, melainkan di RnD. Kerjaannya ya trial es krim baru, analisa melting point, total solid, uji organoleptik,  deeLeL... tapi meskipun penempatanku di RnD, aku kerapkali dikasih job super banyak oleh QS. Sayangnya, aku orang yang susah nolak dan bilang nggak,  meskipun sebenarnya itu bukan tanggungjawab aku. Jadi ya aku punya double job. Kadang kalau lagi capek banget sih sumpek, sebel dan kesel. Tapi dipikir-pikir kuk percuma sebel, wong tetep kudu dikerjain, tambah eman kan, udah ngeluarin energi buat sebel, gak dapet pahala pula karena gak ihlas, yah jadi lama-lama terbiasa juga.. just do it and enjoy my job. Terpaksa, terbiasa jadi bisa, hehehehe....

Aku belajarrr
Yuppy, kita kudu bisa belajar  dalam setiap hal dan langkah kita, berproses. Aku belajar cukup banyak hal disini, pastinya lebih tau tentang es krim dengan berbagai variannya, tentang budaya kerja, work under the pressure, menempatkan diri,  aplikasi ilmu saat kuliah meskipun sedikit, belajar lebih bertanggung jawab, disiplin, belajar ihlas, dan masih banyak lagi....
Oa, Budaya kerja antar perusahaan nggak sama. Pasti punya keunikannya sendiri-sendiri. Dulu waktu semester enam aku PKL di PT. Kertas Leces.  Banyak hal yang berbeda aku temui di kedua tempat itu. Yah memang dua perusahaan itu berbeda, yang satunya industri pangan yang satunya industri kertas, tapi yang paling dominan karena yang satu swasta dan yang satunya BUMN. Sumprit beda banget......
Yah apapun itu, berusaha memberikan performance terbaik kita adalah kuncinya, Jreng  jreng jreng...

Naila Zulfa
Seorang istri dan ibu pembelajar serta Praktisi HR yang suka dunia literasi. Selamat datang di Dunia Naila, semoga apa yang dibaca bermanfaat.

Related Posts

27 komentar

  1. loh lagi disurabaya yah???
    wah, bisa kopdar donk he he... aku sekarang sudah di surabaya... *padahal dulu juga di Malang*

    semangaaaaat ^^/
    walau belum bisa rutin posting yang penting g lupa ma dunia per blogingan kaaaan hehehe...

    BalasHapus
  2. enak dong makan eskrim terus :)

    BalasHapus
  3. Semoga Skripsinya Cepet selesai ya mbak...
    setuju!, kita harus belajar dari setiap proses kehidupan...
    Semangat ya mbak!! :)

    BalasHapus
  4. Pagi naila...ya, kita emang kudu belajar dan terus belajar karna belajar gak ada ruginya justru sangat menguntungkan bagi kita.
    Sukses aja semoga skiprisnya cepat selesai dan bisa jadi sarjana...

    BalasHapus
  5. ~iya dunk, *inge harus lulus, gak boleh NGGAK!!! Malu dunk sama ortu, tanggungjawab moral ... :) ... nanti apa kata dunia ... :( ... aku, sobat mayamu juga ikut maluuuuu ... :lol:

    BalasHapus
  6. nailow nailow
    aq senengg bgt km tinggal dsby
    cz bs numpang bobok
    hehehehe
    pizzz
    mg cpt kelar y skripsinya say:D

    BalasHapus
  7. really long time no see.....apapun kesibukannya tetaplah ngeblog.....

    BalasHapus
  8. Selamat menikmati dunia kerjanya (magang) Ditunggu tulisan tulisannya yah.
    Salam saya.. .

    BalasHapus
  9. Salam Kenal Mbak ... Nama saya Simon, seorang blogger juga.

    Numpang comment boleh khan???? :)

    Membaca cerita mbak diatas tentang magang di perusahaan Campina ...wah ...saya rasa pengalaman mbak magang di perusahaan itu sangat berharga & mantap tenan lho :)

    Saya waktu jadi mahasiswa dulu (1996-2001) sangat ingin bisa magang di "perusahaan besar", karena Univ saya dulu masih sangat minim dan baru berdiri, jadi mahasiswa harus aktif cari ilmu di luaran.

    Pengen rasanya bisa magang di perusahaan untuk menambah ilmu, walau bukan perusahaan Nasional, perusahaan lokal pun jadi -lahhh...

    Tapi yach ...mungkin nasib, sampai lulus kuliah, belum pernah merasakan magang di perusahaan, bahkan setelah lulus kuliah-pun belum pernah ngerasain gimana kerja di perusahaan, gimana situasi kerja mereka, tekanan yang di alami setiap karyawan, dan jenjang karir di perusahaan, dll.

    Soalnya .... lamaran kerja saya sering di tolak ... he..he.. :)

    Saat ini udah habis niat melamar kerja di perusahaan besar, soalnya umur juga udah kepala tiga, jadinya terpaksa memulai usaha serabutan di dunia maya ini ...jadi seorang full blogger ...he..he...

    Oh ya, kalau ndak salah, Campina ada sistem 'francise'/ Business Opportunity-nya ya? Berapa biaya yang harus kita siapkan kalau ngambil paket Gerobak + Freezer ?

    Dulu waktu saya buka usaha di beberapa mall di jakarta (skrg usaha saya udah bangkrut), saya lihat teman yang jualan es krim campina lumayan ramai penjualannya.

    saya tanya karyawan yang jaga stand-nya, katanya 1 hari (bukan hari sabtu+minggu) bisa dapat omzet kotor 250rb. Kalau hari minggu bisa 600ribuan (omzet kotor penjualan) ...

    Nampaknya jualan es krim campina layak di jajal nich.

    waktu itu harga es krim yang di jual ada yang 4.000 ada yang 5.000 (rasa durian, coklat dll).

    Kira-kira untung bersihnya berapa ya jualan es krim campina ini? maksdu saya dalam persen (%). Misalnya, kalau laku Rp 100rb, kira-kira untungnya berapa? (selisih dari Harga Jual di kurangi harga bahan baku es).

    wah ...sorry comment saya udah melenceng nich .... untuk mbak-nya ... sukses selalu ajah ya magangnya ...semoga hasilnya bagus dan memuaskan.

    Sukses selalu

    -Salam Jabat Erat

    Simon
    panelbusiness.com

    BalasHapus
  10. ayo semangat mbaaaaaak :D
    kangen ih lama ga update >_<

    BalasHapus
  11. memang jurusan apa nih? d malang kuliah dmn??

    aku jg dl semst 3 & 5 sempet magang di PT.agip & Jawapos-sby. seru ya magang di perusahaan sebelum kita bener2 jadi seorang karyawan.jadi sedikit tau tentang dunia industri :D

    BalasHapus
  12. Skripsi jalan...ngeblog juga jalan dunk....!!
    Semangat yok, kita tunggu nech puisi-puisix..__

    BalasHapus
  13. asik dong kerja di campina, bisa nyicip eskrim.,. ehehehe

    BalasHapus
  14. waduh mbak, uenak tenan yo nek udah kerja, nek mahasiswa gni masih banyak nganggure, jadi bingung kl g da kerjaan... Semangat deh mbak,... Ey, kl nikahan jangan lupa q diundang lho, sekalian anak2 ARSC diundang semua,, Ditunggu undangannya mbak.. hehehehe...

    BalasHapus
  15. ::: naylaaaaaaaaaaaaaaaa...

    ::: aku pengen peluk kangen ...

    ::: nayla.... aku sudah hampir aetahun ini vakum

    :::nayla apa masih ingat diriku ^__^

    BalasHapus
  16. wah enaknya tiap hari makan es campina ya....yummy...

    BalasHapus
  17. Asiiik, magang di Campina. Bisa maem es krim terus, dong.. hihihi :)

    BalasHapus
  18. posting kren sekalian nambah pengalaman baru ya mba ?

    BalasHapus
  19. asik ya magang disana, bisa tau keluaran es krim campina terbaru apa n yang lebih enak apa...hehehehe

    BalasHapus
  20. mbak saya punya rencana magang untuk penelitian skripsi di pt campina juga. bagaimana ya caranya?

    BalasHapus
  21. mbak saya berencana untuk magang penelitian skripsi di pt campina juga. bagaimana ya caranya?

    BalasHapus
  22. Magang di campina ada batasannya gk mbk, atau bebas kan ada perusahaan yg bilang kalo harus 3 bulan, kalo 1 bulan aja boleh gk.. Trus departemennya boleh milih gk?

    BalasHapus
  23. kakk mau tanya dong, waktu magang itu ada fasilitas dari perusahaan g y??

    BalasHapus

Posting Komentar