Minggu, 18 April 2010

Tantangan Globalisasi

Persaingan global adalah kondisi yang tidak mungkin terelakkan. Di satu sisi globalisasi merupakan kesempatan apabila seseorang telah siap untuk menghadapinya. Namun di sisi lain globalisasi merupakan momok yang mengerikan apabila seseorang tidak mempersiapkannya dengan matang. Dunia kerja sering menuntut profesionalisme seseorang dalam melaksanakan tanggung jawab yang diembannya. Untuk menyongsong tantangan globalisasi tersebut dibutuhkan banyak kemampuan baik hard skill maupun soft skill. Hard skill saja tidak cukup untuk dapat berkompetisi dalam persaingan global yang sangat ketat.
            Perguruan Tinggi, sebagai elemen tertinggi di dunia pendidikan yang akan mencetak lulusan yang berkompeten di bidangnya, selama ini cenderung mempersiapkan mahasiswanya dalam bidang keilmuan (hard skill). Padahal dalam realita dunia kerja soft skill turut berkontribusi dalam membentuk karir seseorang, bahkan soft skill menjadi faktor dominan yang menetukan keberhasilan seseorang dalam meraih kesuksesan kerja. Ada beberapa kemampuan yang dikategorikan ke dalam soft skill, diantaranya adalah leadership, decision making, team work, public relation dan lobbying.
Peran soft skill sangat penting, dan tidak didapat secara langsung dalam perkuliahan sehari-hari ketika mahasiswa hanya duduk mendengarkan kuliah dosen. Upaya untuk meningkatkan kemampuan soft skill tersebut dapat diperoleh dengan aktif berorganisasi dan mengikuti beberapa kegiatan yang mendukung terbentuknya kemampuan-kemampuan tersebut seperti training, workshop, seminar dan lain-lain. jadi buat teman-teman yang masih hanya study oriented, berpikirlah kembali.

3 komentar:

  1. tantangan globalisasi menuntut adanya persaingan yang ketat,.kapankah globalisasi ini berubah menjadi persahabatan yang erat?

    BalasHapus
  2. hemmmm................
    kalau kita mau mengejarnya, membekali diri dengan lebih baik. tapi sebenanarnya menurut pandanganku globalisasi adalah penjajahan dalam bentuk lain. buktinya adalah dibukanya perdagangan bebas asean-China yang merugikan Indonesia..

    BalasHapus
  3. nenk, blog kamu kuk kosong blong.... lets blogging and share each other!!

    BalasHapus

teman-temanku, menulis adalah kolaborasi antara hati dan pikiran kita, tulislah saran, kritik, uneg2, atau sekedar tanggapan kalian.

well, siapapun kalian,
terimakasih untuk meninggalkan jejak langkah disini, :)