Bermain Hujan

Posting Komentar
Sekali dua kali atau bahkan tiga sampai empat kali lebih membiarkan anak bermain di bawah guyuran hujan ternyata menyenangkan. Melihat mereka riang dan senang tentunya juga membuat kita bahagia. Daripada marah-marah dan melarang mereka sambil teriak-teriak nggak jelas yang justru bisa membuat anak-anak menangis sedih dan marah, lebih baik kita ikut menikmati keceriaan mereka. Yang penting anak tidak dalam kondisi sakit saat bermain hujan, memastikan anak benar-benar fit dan harus tetap dalam pantauan. Jika sudah terlalu lama ya harus dihentikan, apalagi sampai menggigil, atau sejak awal tentukan durasi waktu bermain.

Kali ini Agha dapat jatah 15-20 menit untuk bermain. Lebih dari itu ya dikukut, mandikan dan hangatkan dengan minyak telon kesayangan.




Bermain di bawah guyuran hujan ternyata juga bisa mengembangkan kecerdasan natural anak, mereka bisa langsung merasakan air yang mengalir dari atas, merasakan sensasi suhu air yang dingin. Hujan-hujanan juga pastinya merangsang motorik kasar anak karena mereka tidak mungkin diam saja saat bermain. Mereka akan berlarian kesana kemari, bermain cipratan air, menampung air dengan tangan, dan masih banyak lagi.


Jangan lupa tetap mengajarkan anak berdoa saat turun hujan. "Allahumma Shoiban nafi'a" yang artinha "Ya Allah turunkanlah hujan yang bermanfaat". Menanamkan pada mereka bahwa hujan itu nikmat Allah. Harus disyukuri. Kalau anak sudah cukup besar bisa juga sekalian diceritakan tentang fenomena hujan, siklus hujan, semua terkait hujan pasca bermain. Mereka bisa berimajinasi karena sudah langsung merasakan sensasi hujan. Kalau yang ini Agha skip dulu, belum waktunya menerima informasi terlalu banyak.


Satu lagi, salah satu waktu diijabahnya doa juga saat turun hujan, jadi tidak ada salahnya mengajak anak berdoa bersama sebelum mereka "nyemplung" bermain basah. Biasanya Agha aku ajak doa sapu jagad setelah doa hujan. Tahu kan doa sapu jagad.

Pekalongan, 15 Agustus 2017
Naila Zulfa
Seorang istri dan ibu pembelajar serta Praktisi HR yang suka dunia literasi. Selamat datang di Dunia Naila, semoga apa yang dibaca bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar