Sirup untuk Ramadhan

Posting Komentar

Alhamdulillah, kita bisa dipertemukan lagi dengan ramadhan, bulan yang penuh berkah. Bagi para ibu maupun istri salah satu hal yang menjadi fokus tambahan saat Ramadhan adalah menu buka dan sahur. Karena umumnya sesuai budaya kita, urusan dapur ada di bawah komando seorang istri dan atau ibu. Jadi sudah menjadi keharusan bagi seorang perempuan untuk bisa mengatur urusan dapur sebaik mungkin, bukan hanya menjadi koki alias tukang masak, tapi juga harus menjadi ahli gizi, yang bisa menimbang kebutuhan gizi keluarga, menyiapkan menu seimbang, terutama saat Ramadhan. Memastikan menu sahur bisa mencukupi kebutuhan gizi dan energi sepanjang hari serta memastikan menu buka tidak terlalu berat dan berlebihan.

Di bulan Ramadhan, Menu yang hampir tidak pernah absen di meja makan saat buka puasa adalah es, baik itu es kelapa muda, es timun suri, es blewah, es jus, es buah, es doger, es teler dan es es yang lain. Es ini seolah menjadi wajib untuk mengobati dahaga sepanjang hari. Apalagi kita memang dianjurkan untuk berbuka dengan sesuatu yang manis, maka es bisa menjadi alternatif selain kurma yang memang disunahkan.

Dari beberapa es yang saya sebutkan di atas, hampir semuanya menggunakan sirup sebagai bahan pemanis baik itu simple sirup (gula cair), sirup gula merah, maupun sirup yang terkenal seperti di pasaran saat ini. Sirup memang memberikan aroma dan citarasa tersendiri pada es. Sebagai contoh es buah, pasti akan tampak lebih segar dan menggoda selera dengan tambahan sirup cocopandan, warnanya menjadi mewah dan meriah. Adapun untuk es degan, menurut saya cukup menggunakan sirup gula merah, rasanya sudah sangat wah di lidah.



Nah, untuk para ibu maupun istri, yang lebih suka menggunakan simple sirup dalam tiap resep es nya, tidak ada salahnya menyiapkan simple sirup di dapur kita. Stok simple sirup ini bisa menghemat waktu agar lebih efektif dan efisien saat menyiapkan menu berbuka puasa. Jadi tiap membuat es, tinggal tuang dan currrr, tak perlu menunggu lama untuk melelehkan gula.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat simple sirup sangatlah mudah, cukup siapkan gula pasir dan air. Usahakan pilih gula yang berwarna putih bersih untuk menghasilkan sirup yang lebih bening. Perbandingan gula dan air bisa sesuai selera, bisa 50:50 atau 40:60 menyesuaikan tingkat kemanisan. Namun perlu diketahui, semakin banyak gula yang ditambahkan, maka ada kemungkinan gula mengkristal kembali. untuk menyiasatinya bisa menambahkan jeruk nipis pada pada saat memasak.

Cara membuatnya juga tak kalah mudah. Campur semua bahan, didihkan dengan api sedang hingga larut, kemudian angkat. Setelah dingin, simpel sirup ini sudah bisa digunakan. Untuk penyimpanan, agar lebih awet bisa disimpan di botol kaca yang tertutup rapat.
Selamat mencoba.


*****
Tulisan ini turut memeriahkan Ramadhan Writing Chalenge Komunitas ODOP dan Mays Cahllenge Rumbel Literasi Media Ibu Profesional Semarang
Naila Zulfa
Seorang istri dan ibu pembelajar serta Praktisi HR yang suka dunia literasi. Selamat datang di Dunia Naila, semoga apa yang dibaca bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar