Evaluasi Tumbuh Kembang Anak di Ulang Tahun Pertama

Posting Komentar


Namanya Hayyan Ahmad Affandi, putra keduaku. Hari ini usianya tepat satu tahun sesuai penanggalan masehi. Doa dan harapan kulangitkan. Doa ini lah yang menjadi hadiah utama untuknya.

Ucapan syukur juga tiada hentinya kupanjatkan kepada Sang Pemberi Nikmat.  Hamdan wa syukron lillah, tanpa kemurahan dan kasih sayangNya, berbagai pencapaian Affan tak kan mungkin bisa sebaik sekarang. Dengan izinNya pula lah Affan diberi kesehatan yang prima, bekal yang sangat mahal di tahapan awal hidupnya.

Sebagai seorang ibu, tentunya melihat tumbuh kembang anak menjadi kebahagiaan tersendiri. Tugas ibu juga lah yang harus mawas diri pada berbagai keterlambatan yang bisa saja ada pada anak. Karena alasan ini, tiap periode waktu biasanya aku kroscek tumbuh kembang Affan. Memastikan semuanya on track sekaligus untuk memberikan stimulasi yang tepat sesuai tahapan usianya. Nah, bertepatan dengan ulang tahunnya, aku mengevaluasi perkembangan Affan di tahun pertamanya.

Berbekal buku Rumah Main Anak karya Mbak Julia Sarah Rangkuti, yang di dalamnya ada parameter perkembangan anak dan formulir KPSP (Kuisioner Pra Skrining Perkembangan), yang kujadikan sebagai acuan. Dari parameter tersebut alhamdulillah pencapaian Affan sudah sesuai dengan tahapan usianya, bahkan beberapa jauh di atas usianya. Sekali lagi bersyukur tiada habisnya pada Allah yang telah begitu baik memberikan segala kemudahan dan Nikmat kepada kami.

Beberapa pencapaiam Affan di usianya sekarang diantaranya adalah sudah bisa berjalan sendiri; sudah bisa bertepuk tangan dan melambaikan tangan utuk dada, sudah bisa memegang gelas dengan tangannya sendiri bahkan minum sendiri meskipun seringkali masih tumpah; menunjuk beberapa benda yang dia inginkan; suka mengeksplorasi leingkungannya (membuka dan menutup lemari serta mengacak-acak isinya); menjulurkan lidah saat ditanya mana lidah, mengucapakan suku kata yayah (ayah), dada (Bunda), huf (Pus), meski masih belum konsisten dna belum begitu jelas; berjoget / menggerak-gerakkan tubuhnya saat mendengar alunan musik atau Bundanya bernyanyi; menangis dan enggan dengan orang asing, sudah bisa memasukkan stik eskrim/beberapa benda ke wadah dan menumpahkannya kembali dan masih banyak pencapaian lain yang tak bisa disebutkan saemuanya.

Pencapaian di atas sesuai dengan tahapan untuk anak usia 12 bulan atau satu tahun. Adapun berdasar formulir KPSK, alhamdulillah sari sepuluh pertanyaan semuanya bisa dijawab dengan "Ya". Artinya tumbuh kembang Affan sangat bagus.

Semua pencapaian ini tentunya tidak terjadi begitu saja. Ada proses panjang selama satu tahun ini memberikan stimulasi untuk Affan. Ada proses kerjasama orang serumah terutama ayah, Mbah Ibu, Mbah Kung dan Mas Agha yang setiap harinya berinteraksi dengan Affan. Terimakasih terucap untuk mereka yang sudah ikut andil mengasuh, mengasah dan mengasihi Affan.

Stimulasi dan proses membersamai Affan masih sangat panjang. Masih ada berderet PR kami, orangtuanya untuk terus menjadi fasilitator terbaik anak. Semoga pencapaian yang baik ini menajdi pendorong kami untuk lebih semangat lagi dalam proses menmbersamai anak, tidak cuma Affan tapi juga Agha yang saat bulan depan usianya tepat tiga tahun.

Sekali lagi, alhamdulillah tsumma alhamdulillah. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan.
Naila Zulfa
Seorang istri dan ibu pembelajar serta Praktisi HR yang suka dunia literasi. Selamat datang di Dunia Naila, semoga apa yang dibaca bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar