Penulis Pemula

Posting Komentar


Kemaren malam, saat duo sholih sudah lelap, aku mengintip WA. Ada nama tetangga yang tak biasa muncul di beranda secara tiba-tiba. Karena usia kami terpaut cukup jauh, selama ini kami jarang atau bahkan tak pernah benar-benar saling berkomunikasi. Seingatku sejauh ini kami hanya bertegur sapa dengan senyum ketika berpapasan. Selebihnya hanya chat WA saat dia menanyakan lowongan pekerjaan di pabrik tempat aku mengais rezeki. Itupun sudah cukup lama.

"Mba ela penulis? Aku suka kagum sama orang yang bisa nulis, tips dong mba 😄"


Begitulah dia membuka obrolan. Sepertinya dia mengikuti postingan-postinganku di WA story, karena beberapa hari terakhir aku berluangkali iklan open pre order buku antologiku yang terbit bulan ini,  Superhero Zaman Now dan 30 Days Emak Mendongeng Seri Kejujuran.

Jujur, aku pun bingung harus memberikan tips seperti apa. Karena aku hanyalah penulis pemula yang masih amatir. Belum layak memeberikan tips. Aku takut menyesatkan. Tapi segera kutepis pikiran itu jauh-jauh. Kubenahi niat, berbagi setulus hati. Kujawab chat tadi dengan jawaban berisi tips singkat.

"Hihihi, suka nulis dari kecil karena kecil karena suka baca novel 😆 tapi baru-baru ini aja beneran nulis yang dibukukan. Sebelumya cuma di blog. Boleh banget berkunjung ke blog nya di dunianaila.blogspot.com
Tips nya apa ya?
Tulis aja sebisanya, sebanyak-banyaknya, lama-lama nanti mengalir.
Banyak baca buku biar tulisan kita nggak kosong, ada manfaatnya untuk pembaca.
Baca buku sembari mengamati gaya tulisan para penulisnya, nanti kita makin kaya diksi."

Kujawab sebisanya, semoga tidak salah dan memupuk semangatnya untuk belajar. Apalagi usianya yang masih belia, masih ada jalan panjang bernama kesempatan di depan sana.  Tak dinyana, percakapan masih berlanjut. 

"Emmm, iya aku juga suka baca mbak, tere liye ama ainun najib. Tapi kalau pas bikin2-bikin cerita kelihatan wagu, pengen belajar, pernah  ikut workshopp juga tapi tetep gitu-gitu aja nulisnya." curhatnya.
Kami pun akhirnya ngobrol panjang lebar, ngalor ngidul ngetan ngulon. Obrolan kami seputar penulisan dan novel. Aku juga menawarkan beberapa koleksi novel yang bisa dipinjam jika dia minat. Bahkan kusampaikan niat dan rencanaku membuka rumah baca di rumah yang bisa diakses untuk warga sekitar. Dia senang dan turut mengapresiasi. Semoga bisa terealisasi.

#Wanita&Pena
#Day02
#RumbeLiterasiMedia

Naila Zulfa
Seorang istri dan ibu pembelajar serta Praktisi HR yang suka dunia literasi. Selamat datang di Dunia Naila, semoga apa yang dibaca bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar