Senin, 27 Januari 2020

Merintis Bisnis Coworking Space



Fenomena coworking space kini tengah berkembang, terutama di kota-kota besar. Coworking space muncul sebagai alternative dari ruang di gedung perkantoran yang memerlukan biaya yang tinggi. Namun, sebelum merintis bisnis ini, tidak lupa persiapkan 5 hal pentingnya ya! Salah satunya yaitu menentukan lokasi strategis untuk bisnis coworking space.

Lokasi strategis untuk bisnis coworking space tentunya penting dalam menentukan seberapa besar peluang bisnis coworking space akan maju dan berkembang. Namun, sebelum itu pahami dulu bagaimana merintis bisnis coworking space. Jika penasaran soal ini, simak artikel di bawah ini:

Merintis Bisnis Coworking Space



Kini bisnis coworking space semakin mudah ditemukan, terlebih lagi di kota-kota besar. Hal ini karena banyaknya minat pasar akan menggunakan coworking space sebagai alternatif jika bisnisnya belum memiliki kantor. Terlebih lagi biaya sewa yang relatif terjangkau membuat bisnis ini semakin ramai, dibandingkan membeli gedung atau menyewa gedung untuk sebuah kantor.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merintis bisnis coworking space. Mulai dari membuat konsep yang menarik, mengetahui layanan dan produk yang akan ditawarkan, sampai dengan mempersiapkan lokasi yang tepat. Tentunya hal-hal tersebut harus dipersiapkan dengan baik dalam merintis bisnis coworking space.

Pasalnya, setiap elemen tersebut akan mendukung elemen satu sama lain. Misalnya, jika memiliki layanan dan produk yang bagus, namun bisnis akan kurang bisa berkembang karena lokasinya kurang bagus. Oleh karena itu, setiap elemen harus dipersiapkan dengan matang.

Langkah-Langkah untuk Menentukan Lokasi Strategis untuk Bisnis Coworking Space

Salah satu unsur penting dalam bisnis cowoking space adalah lokasi. Pasalnya, lokasi sering kali menjadi elemen pertimbangan pertama kali dalam menentukan penggunaan suatu coworking space. Oleh karena itu, dalam bisnis ini sebaiknya memiliki lokasi yang mudah dijangkau. Berikut ini adalah langkah-langkah detail untuk menentukan lokasi strategis untuk bisnis coworking space:

1.     Catat Lokasi Terpopuler

Langkah utama yang sebaiknya dilakukan untuk menentukan suatu lokasi bisnis cowoking space yaitu mencari lokasi. Mulailah mencari lokasi yang dekat dengan jantung kota karena biasanya banyak aktifitas perkantoran di sana. Selain itu, pilih pula lokasi yang mudah diakses, baik dengan transportasi pribadi maupun transportasi umum.

Catat lokasi-lokasi terpopuler yang biasanya dekat dengan konsumen. Semakin dekat lokasi bisnis coworking space dengan tempat aktivitas konsumen, semakin banyak peluang coworking space tersebut ramai. Pasalnya, meskipun layanan dan produknya bagus namun jika lokasinya kurang populer, maka keuntunganpun menjadi kurang maksimal.

2.     Memanfaatkan Lahan

Langkah kedua yang harus dilakukan yaitu dengan memanfaatkan lahan. Setelah mengetahui beberapa pilihan lokasi yang akan bangun untuk bisnis coworking space, cobalah untuk menganalisis susunan ruangannya. Rancanglah blue print tiap lokasi sebelum menentukan lokasi terbaik untuk bisnis sebuah coworking space.

Hal tersebut tentunya menguntungkan, karena bisa mengoptimalisasi setiap ruang yang ada. Terkadang, ada lokasi bisnis yang bagus tetapi kurang maksimal ketika dimanfaatkan lahannya. Oleh karena itu pentingnya membuat sketsa rancangan terbaik di setiap pilihan lokasi yang akan dibangun bisnis coworking space.

3.     Pertimbangkan Keterbatasan Lokasi

Kemudian, cobalah untuk mempertimbangkan keterbatasan lokasi yang akan dibuat bisnis coworking space. Hal ini tentunya patut dilakukan karena sebetulnya tidak ada lokasi yang benar-benar sempurna. Pasti ada kekurangan tiap lokasi yang patut diantisipasi.

Oleh karena itu, cobalah untuk memahami keterbatasan lokasi yang dimiliki. Coba untuk menganalisis dan memperkirakan kira-kira bagaimana keterbatasan lokasi tersebut bisa berpengaruh pada bisnis coworking space pada masa depan. Hal ini juga dapat membuahkan ide untuk mengantisipasi segala kendala dan keterbatasan yang anda.

4.     Ketahui Keuntungan Lokasi

Jika ada keterbatasan, tentu saja pasti ada keuntungannya. Keuntungan tiap lokasi bisa beragam, mulai dari kemudahan untuk diakses, banyaknya transportasi yang lalu lalang di lokasi, sampai dengan terletak di jantung kota dan pusat bisnis. Ketahui juga keuntungan lokasi lainnya, seperti mudahnya suplai listrik dan internet, serta dekat dengan fasilitas keuangan, seperti bank.

Dengan mengetahui keuntungan lokasi, maka bisnis coworking space akan memiliki suatu nilai tawar yang lebih. Selain itu, maksimalkan pula layanan dan produknya, maka bisnis coworking space memiliki peluang yang besar untuk terus maju dan berkembang.

5.     Analisis Persaingan Berdasarkan Lokasi

Langkah terakhir dalam menentukan lokasi strategis untuk bisnis coworking space yaitu menganalisis persaingan berdasarkan lokasi. Hal ini tentunya sangat penting karena bisa dijadikan patokan dalam menentukan harga, layanan, dan produk yang akan ditawarkan. Cobalah untuk menjadi berbeda dari setiap persaingan bisnis cowoking space.

Dengan menjadi berbeda, maka coworking space akan lebih menonjol dan mengundang banyak konsumen untuk mencoba beraktivitas di coworking space tersebut. Cari tau harga, layanan, dan produk yang dimiliki pesaing. Kemudian, analisis dan kalahkan saingan dengan menawarkan hal yang tentunya lebih baik.

Itulah langkah-langkah detail dalam menentukan lokasi strategis untuk bisnis coworking space. Cobalah untuk menyimak langkah-langkah tersebut dan aplikasikan pada bisnis coworking space yang akan dirintis. Namun, jika ingin memahami dasar-dasar dalam merintis bisnis coworking space, bisa klik link berikut ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaes, menulis adalah kolaborasi antara hati, jiwa dan pikiran kita.Jika berkenan silahkan tinggalkan saran, kritik, atau sekedar tanggapan kalian.
terimakasih untuk meninggalkan jejak langkah disini, :)

Bermain terencana atau spontan??

Jaman  masih kerja (sekarang cuti hamil), aku seringkali membuat rencana bermain untuk anak terutama saat weekend. Tujuannya agar lebih te...